Selasa, 10 Januari 2012

PL (Praktek Lapangan) Part I


Hm… Gimana cara memulainya ya…
Begini… hari ini, Padang, 10 Januari tepat jam 08:00 jadwal pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi) on-line dimulai. Walaupun KRS on-line nya dimulai jam 8 pagi ini, tapi dua hari sebelumnya para mahasiswa yang seangkatan denganku  sudah bergadang di kampus semenjak jam 00.00. Hm, aku lebih milih stay at home dan nge net di rumah aja, walaupun deg-degan juga sih gak dapat tempat PL (di Padang) nantinya. Dan memang, portal baru bisa diakses pagi ini, jam 08.00 teng.
*** 
Perjuangan ku pagi ini untuk mendapatkan tempat PL.
Aku harus berburu dengan waktu bagaimanan caranya sampai dikampus sebelum jam 08.00. Aku milih kampus karena di sini internetnya bisa dikatakan cepat, daripada pakai modem di rumah. H2C (harap-harap cemas), deg2n, pokoknya semua rasa bercampur aduk. Ayahku, adalah orang yang sangat berperan penting dalam perjuangan ku hari ini (Thanks Dad).
***
 Detik-detik yang menggentingkan…
Akhwat : “KRS udah bisa diambil”
Aku     :wah, gawat nih… portal yang ku bukak kok error :(  Gak bisa dibukak.
***
Hm… untung aja akhwat yang udah dapat tempat PL (di Padang) menolongku untuk mendapatkan tempat PL (aku sih masih berharap dapat di Padang). Intinya siapa yang duluan dapat tempat menlong temanya yang belum dapat tempat PL.
“Coba ambil SMA 5 Padang, penuh. SMA 4 Padang, Penuh. SMK 7 Padang, Penuh.” Intinya setiap sekolah yang di kota Padang udah penuh, walaupun itu SMA atau SMP.

Ya udah… niatku untuk PL di Padang harus di urungkan.
“Coba Pariaman…. Bisa…”
Alhamdulilah Aku dapat Tempat PL di SMA 1 Pariaman. Tapi yang bikin aku Cemas Lagi, tulisannya di Portal SMA 1 Pariangan. Wah Pariangan dimana ni?? Tanpa pikir panjang ku telp Ayah ku, kata Ayahku Pariangan itu dekat Tanah Datar. Aku maunya dekat-dekat padang aja atau bisa balik hari. Tapi gak logis juga sih, urutannya begini:
SMA 1 Pariangan (SMA yang ku pilih di Portal)
SMA 2 Pariaman
SMA 3 Pariaman
SMA 4 Pariaman
Sepengetahuanku “Pariangan” itu wilayah II (kabupaten), dan buat Wilayah II nama SMAnya gak ditulis di portal. Muah-mudahan aja panitianya Salah ketik, dan sebenarnya itu Pariaman.
***
Di Kampus: UPPL
Ternyata di UPPL rame juga, banyak mahasiswa yang mengurus jadwal PL. Aku dapat info, setelah nanya-nanya orang-orang yang ku kenal. Pada umumnya mereka belum dapat sekolah, baik padang, Wilayah II (Kabupaten), Wilayah II (Luar Sumbar).
Saat itu hati ku bergeming, lalu hanya satu kata yang mampu ku ucapkan dengan lantang di relung hati ini “Alhamdulillah, Ya rabb”. Ternyata masih ada yang kurang berunntung dari padaku.
***
Selanjutnya tinggal menunggu jadwal coaching dari UPPL.
-Maka, Nikmat tuhan mu manakah yang kau dustakan (Ar-Rahman)-

Tidak ada komentar: