Senin, 17 Oktober 2011

Air Mineral

Hi teman...
O ya... sekarang aku mau membahas tentang air mineral (baca: air putih). Kalau aku sih lebih sering sebut air putih, tapi untuk pembahasan disini aku ambil kata baku nya aja “air mineral”, cz, kalau disebut air putih malah jadi bo’ong kan? Air mineral itu kan warnanya kan gak putih... tapi bening :)

 
Teman tau kan kalau dipermukaan bumi Allah ini lebih banyak air dari pada daratan. Sebenarnya kenapa sih air lebih banyak dari pada daratan??? Aku juga blom tau jawabannya :)
 
Ok.. sekarang kita akan membahas mengenai pentingnya minum air mineral. Tapi, sebelum kita bahas lebih lanjut aku mau sharing2 pengalaman dulu nih.
Aku adalah orang yang suka minum. Jadi kalau kemana-mana aku selalu membekali diri dengan air mineral. Aku selalu bawa air mineral kalau mau pergi ke kampus atau main sama teman. Pokoknya harus selalu ada persediaan  air mineral didalam tas ku. Sempat juga sih temanku nge- ledek gitu... besok bawa air segalon aja sekalin L. Ya, aku sih menjawab nya dengan senyum aja J, lagian dia juga becanda kok.
Ada juga pengalaman yang lebih parah gitu (he... terlalu mendramatisir)... pernah suatu hari ketika aku dalam perjalanan pulang. Rasanya waktu itu aku dehidrasi banget. Pengen minum, tapi persediaan air minum ku dah habis, gak bersisa walaupun setetes. Karena gak tahan, saking kehausan, kepalaku jadi pusing gitu... rasa mau pingsan aja. Sesampainya dirumah... hal pertama yang ku lakukan adalah berlari ke dapur dan mengambil segelas air mineral. Gak cukup satu, kutambah lagi, dan masih gak cukup, ku tambah lagi... akhirnya dahagaku hilang setelah enghabiskan tiga gelas air mineral...


Pernah juga pas bulan Ramadhan, ketika bedug maghrib terdengar, saatnya buka puasa. Hal utama yang ku lakukan adalah minum air mineral sampai dahagaku hilang. Sempat juga aku kena tegur sama kakakku, kalau buka puasa itu sebaiknya minum nya jangan terlalu banyak. Minum secukupnya aja. Akunya menimpali “ya,  aku haus... gak cukup hanya minum air teh aja tanpa minum air mineral”.
Ya, begitulah aku teman...
Yup... air adalah sumber kehidupan kita semua...
Minum air mineral juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Ni, aku rangkum mengenai manfaat minum air mineral yang ku dapat dari berbagai sumber. Hanya poin2 yang dianggap perlu saja yang kumasukkan... mudah2an bermanfaat :)
1.      Mengganti cairan yang hilang dari tubuh lewat air seni, keringat, pernafasan dan sekresi. Kalau kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter air mineral sehari, maka ini akan menimbulkan dampak buruk terhadap tubuh dan kesehatan kita. Kekurangan cairan akan menyebabkan organ tubuh kita menyedot air dari komponen dan organ tubuh kita sendiri. Sumber terdekat yang akan disedot adalah darah. Hal ini akan menyebabkan air seni berwarna kemerahan. Wah, ngeri banget gak tuh dampak kekurangan cairan dalam tubuh??
2.   Memudahkan penyaluran darah ke otak.
3.      Membuat tubuh  menjadi lebih bugar. Karena itu tadi... bahwa air mineral bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. So, kalau kita minun air mineral dengan cukup maka akan membuat tubuh kita kembali segar dan bugar. Kita pun akan menjadi bersemangat untuk menjalani aktivitas harian.
4.       Penyeimbang tubuh. Kalau jumlah air yang menurun dalam tubuh, maka fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun. Hal ini akan membuat kita mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Mengenai poin yang ini aku juga punya pengalaman. Alhamdulilah, karena kebiasaanku minum air mineral, ketika tubuhku mulai gak karuan (ada tanda2 mau sakit: flu atau batuk). Aku meningkatkan konsumsi terhadapa air mineral. Biasanya aku minum air lebih banyak ketika bangun dipagi harinya. Ketika beraktivitas aku pun merasakan badan ku kembali sehat.

Kebayangkan teman betapa bermanfaatnya minum air mineral itu?? So... mulai dari sekarang mari kita membiasakan mengkonsumsi air mineral... minimal 2 liter sehari :)  demi hidup sehat.

Semoga postinganku ini bermanfaat buatku dan kita semua...

Tidak ada komentar: