Kamis, 08 Desember 2011

Hari Lahir Ayah


Tanggal 6 Desember lalu adalah hari lahir ayahku. Ku berharap Allah memberikan keberkahan hidup, serta kesehatan kepadanya.
Memang tidak ada perayaan di hari kelahiran ayahku, karena memang bukan sebuah kebiasaan di keluargaku untuk merayakan hari lahir anggota keluarga kami. Bahkan ayahku sendiri tidak ingat kalau hari itu dia berulang tahun. Kamipun sekeluarga baru “ngeh” kalau hari itu adalah hari kelahiran ayahku setelah kakakku mengingatkan kami.
Nampaknya ulang tahun bukanlah suatu yang special bagi ayahku. Ulang tahun bukanlah sebuah momentum baginya untuk mersenang-senang dengan cara merayakannya. Ulang tahun baginya hanyalah sebuah tanggal, hari, waktu yang sama dengan kelahirannya. Tidak lebih dari itu.
Ayahku adalah sosok ayah yang pendiam. Bicara hanya seperlunya saja.
Ayahku bukanlah sosok ayah yang humoris. Kalau beliau bercanda pasti garing.
Ayahku bukan sosok ayah yang suka memuji anaknya. Kalau kami dapat prestasi di sekolah, ayah tidak barang sedikitpun memberikan pujian terhadap kami. Paling dia malah mengatakan kepada kami “ ah, baru dapat juara satu, gak juara umum, itupun palingan karena kamu gak banyak saingan di kelas”.
Memang payah ayahku ini… Anak udah berusaha, eh malah di gituin… Tapi, dibalik semua itu ada perhatian dari ayah kepada kami, secara diam-diam. Kebiasaan ayah yang tidak suka memuji membuat kami merasa bahwa ada orang lain yang lebih dari kami. Mungkin, ayahku tidak pernah memuji kami karena takut nantinya kami merasa pintar, hebat atau lebih dari orang lain dengan prestasi yang kami peroleh. Sehingga membuat kami malas belajar.
Dalam segi masak-memasak. Masakan ayahku adalah nomor satu enaknya di keluarga kami. Sekali-kali masak, masakan ayahku mampu menyaingi enaknya masakan ibu. Padahal gak ada bumbu yang special yang di bubuhkan ayah kedalam masakannya.
Pernah suatu hari ketika aku masih SD… yang dimasak oleh ayah waktu itu hanya goring ikan. Tapi, rasa cabenya gak pedas, dan mampu mengalahkan masakan lapau nasi “restoran” (kalau gak percaya, nanti boleh sekali-kali coba masakan ayahku :)) yang anehnya lagi, masakan yang dimasak oleh ayahku rasanya seperti goring ayam, walaupu pada kenyataannya yang digoreng Cuma ikan (itu berdasarkan seleraku waktu SD, yang ku rekam waktu itu masakan ayahku rasa ayam).
Selamat hari lahir ayah…
Wish Allah always guide you, Hope we will meet in the heaven together, All of our family, No exception.



Tidak ada komentar: