Selasa, 11 Desember 2012

Jenis-jenis teks



Pa kabar adek2ku yang sholeha J Ehm2… kakak mau ngasih “ilmu” yang mujarab nih untuk menguasai dan memahami teks-teks yang banyak jenis nya itu. Biar kamu gak pusing nantinya membedakan jenis teks yang satu sama lainnya. Hauyuuuk dimulai aja ya… 1. 2. 3 are you Ready? Let’s begin our Journey.

***
1.       Narrative

Nah, ini teks yang paling mudah ni adek-adek. Cara menandakannya adalah bawa teks ini sering dimulai dengan kata2: once upon a time, many years ago in the small village, etc. pokoknya, kalau teks yang ada pakai intro dan ada embel-embel sebagaimana kakak sebut diatas, sudah bisa dipastikan bahwa teks tersebut adalah teks narrative. Satu lagi, cerita di narrative teks itu penuh khayalan seperti dongeng2 gitu lah yang gak bakalan mungkin terjadi di kehidupan manusia.
Hayooo… masih bingungkah? Gimana? Udah cukup paham dengan pemaparan kakak diatas?

*CARA GAMPANNYA, ingat aja kalau narrative = narasi yang berarti bercerita.
***
2.       Recount

Re: kembali

Kalau teks bernama Recount text, berarti teks itu berusaha menceritakan kembali kepada pembaca kejadian yang telah berlalu.

So, yang diceritakan dalam teks recount tersebut bisa saja pengalaman yang dialami oleh si penulis (I, we). Nah, Kalau adek-adek menemukan ada teks yang didalam cerita nya penulis memakai kata ganti (I, we) berarti sudah jelas itu adalah teks recount.

Selanjutnya. Diteks recount juga bisa menceritakan pengalaman yang dialami oleh orang lain. Maka adik2 akan menemukan kata ganti berikut (she,he, they,dan it)

Gimana adik2 ku semuanya. udah pahamkah dengan teks yang satu ini?

*CARA GAMPANGNYA, ingat aja kalau re=kembali. Kalau teks re-count berarti menceritakan kembali kejadian yang telah dialami oleh seseorang atau kelompok. Kata ganti yang sering kita temukan adalah:  I, we, she, he, they, dan it.
***
3.       Report

Kalau teks report biasanya bercerita / menggambarkan tentang sesuatu secara general (secara umum). Misal. Kalau dia berbicara tentang panda, itu panda yang diceritakan adalah panda yang hidup di bumi ini, bukan panda yang hidup di Cina dsb.
Trus, ciri2 lain yang biasa kita temukan adalah adanya classification atau (pengelompokan) atau selanjutnya “pengkelas-kelasan.”

Misalnya:
Lebah : kelasnya Insect
Kelelawar: kelasnya Mamalia
Buaya : kelasnya  Reptile
                                                                                
Peng klasifikasian ini bisa kita temukan di paragraph pertama.

Gimana?? Gampang kan adek2?

*CARA GAMPANGNYA: ingat aja classification: kelas2: pengelompokan hanya ada di report text.
4. Descriptive

Nah, descriptive ini hampir sama dengan report. Bedanya kalau di report ada peng classification an. Sedangkan di descriptive tidak. Kalau report berusaha untuk menggambarkan sesuatu secara umum. Sedangkan descriptive adalah kebalikannya. Yaitu menggambarkan sesuatu secara khusus.

Yang sering di deskripsikan di teks deskripsi adalah:
·         Binatang: misalnya binatang peliharaan.
·         Orang: orangtua atau teman.
·         Tempat: tempat wisata, istana Negara, dsb.

  *CARA GAMPANGNYA: ingat aja description: deskripsi: menggambarkan secara rinci.

***
Hayooo… gampangkan adek2??






5.    Procedure

Teks procedure adalah teks yang memaparkan bagaimana cara membuat sesuatu.

Mudah sekali menandakan teks ini adek2. Biasanya teks ini selalu memakai step2 alias langkah langkah seperti:
First,
Next,
Then,
After that,
Finally,

*CARA GAMPANGNYA: teks ini selalu menggunakan step2 diatas. Selain itu kita juga sering juga bisa menemukan kalimat how to make di awal paragrafnya.

***



6. Explanation

Teks ini hampir sama dengan teks procedure yang sama2 menggunakan kata hubung next, then, after that. Namun gampang kok membedakan teks procedure dan explanation loh adik2.

Teks explanation ini adalah teks yang berusaha untuk menjelaskan sesuatu explain. Itu makanya teks ini dikenal dengan teks explanation karena berusaha menjelaskan kepada pembaca tentang sesuatu seperti fenomena alam dan sebagianya.


*Cara Gampangnya, ingat aja kalau explanation= explain = menjelaskan.

***

7.       News item

Cara gampang mengingat teks news item adalah ingat aja berita alias news. So, teks news item adalah teks yang berusaha memberitakan suatu kejadian atau peristiwa kepada pembaca.

Pada teks ini kita juga bisa  menemukan tanda baca kutip (“….”)
Tanda kutip tersebut menandakan bahwa adanya pemaparan langsung, atau komentar dari pelaku, atau saksi dalam berita tersebut.


Bagaimana?
Gampangkan kalau kita udah tahu bagaimana cara membedakan masing2 teks2 tersebut?


*CARA GAMPANGNYA: ingat aja News item = news = berita.
Selain itu, kita juga sering menemukuan tanda baca kutip “….” Pada teks news item.

***
8.       Review

Adek2 pernah gak lihat atau baca resensi dari buku? Novel? Atau film?

Yup…
Kalau kita jadikan teks, itu nantinya bisa menjadi teks review lho. Teks yang berusaha untuk memberi kritik terhadap sebuah karya. Bisa itu berupa buku, film, lagu, lukisan, dsb.

Ingat aja kalau review bersal dari re dan view. Re berarti kembali. Sedangkan view adalah sudut pandang atau melihat.

So, review adalah melihat kembali dari sudut pandang orang lain (kita) sebagai penikmat kaya sastra.

Nah… gampangkan?
Kalau teks yang bersuaha untuk mengkritik sebuah karya sastra itu adalah teks review.


  *CARA GAMPANGNYA: ingat aja re + view, yang berarti kembali + melihat/sudut pandang.

***





9.        Hortatory exposition

Teks yang bersuaha untuk memaparkan sesuatu dan mempengaruhi pembaca untuk memiliki ide yang sama dengan penulis adalah teks hortatory exposition.

Kita sering menemukan modal, must, should, dan sebagianya pada paragraph terakhir dari teks ini. Modal must dan should ini merupakan penegasan dari penulis kepada pembaca mengenai sesuatu.

Melalui paragraph terakhir inilah yang biasanya kita temukan rekomendasi penulis memberikan rekomendasi (recommendation) kepada pembaca terhadap suatu hal.

Contoh:
Sebuah teks bercerita tentang penyebab global warming. Maka di bagian akhir paragraph yang terdapat rekomendasi, si penulis akan menegaskan kepada pembaca bahwa kita harus (must) menjaga lingkungan untuk mengurangi dampak negatif dari global warming.

*CARA GAMPANGNYA: ingat aja kalau pada teks hortatory kita menemukan rekomedasi dari penulis. Selain itu juga ada modal (must, should, dan sebagainya) sebagai bentuk dari penegasan tersebut.
***
10. Analytical exposition

Teks ini hampir sama dengan teks hortatory yang sama2 memaparkan sesuatu. Namun teks analytical ini hanya bersuaha untuk memaparkan sesuatu bukan mempengaruhi pembaca untuk memiliki ide yang sama dengan penulis.

Jika pada hortatory kita menemukan recommendation. Namun, pada analytical kita menemukan reiteration alias penguatan pernyataan.

Contoh:
Sebuah teks bercerita tentang penyebab global warming. Maka di bagian akhir paragraph yang terdapat reiteration, si penulis akan memebrikan penguatan kepada pembaca bahwa banyak penyebab global warming. So, Dia hanya menegaskan kepada pembaca bahwa banyak hal yang bisa menyebabkan global warming.

*CARA GAMPANGNYA: ingat aja kalau pada teks analytical kita hanya menemukan penegasan dari penulis tentang topic yang dibahas dalam teks tersebut.

***

11.Discussion

Teks discussion ini sama halnya dengan diskusi. Dimana pada sebuah diskusi kita berusaha memecahkan suatu permasalahan. Bisa saja setiap anggota diskusi memiliki ide yang berbeda untuk memecahkan permasalahn tesebut.

Begitu juga dengan teks discussion. Teks discussion adalah teks yang bersuaha memaparkan dua sudut pandang pro dan kontra terhadap sebuah permasalahan sebelum menarik sebuah benang merah.

So, teks yang ada pro dan kontra. Maka sudah pasti teks tersebut adalah teks discussion.

*CARA GAMPANGNYA: discussion = diskusi. Yang berarti mengedepankan permasalahn dari sudut pandang pro dan kontra.



Padang,11 Desember 2012

Tidak ada komentar: